Langkah untuk menata blog wordpress

Jika anda sudah memiliki blog wordpress pasti anda bingung, mau diapakan wordpressnya, untuk pertama kali saya juga masih bingung dengan hal tersebut. Namun setelah berguru kepada para sesepuh blog dan wordpress, saya pun jadi mengerti langka untuk menata blog meskipun sedikit sekali ilmu yang saya peroleh, jika anda sudah memiliki wordpress usahakan anda mengerti terlebih dahulu fungsi atau kegunaan dashboard dan perangkat di wordpress meskipun tidak semuanya. Paling tidak anda harus mengerti satu atau beberapa hal. Antara lain
 Tagline: tagline default semua blog WordPress adalah “Just Another WordPress Blog”, Anda bisa mengubahnya sesuai selera. Contoh, “blognya anak indonesia”.
 Blog Picture/Icon: Anda bisa menggunakan gambar yang anda suka sebagai icon blog Anda. Klik tombol “choose” untuk pilih gambar. Selanjutnya ikuti langkah-langkah yang sudah diberikan wordpress.

Post
Post adalah ruang atau tempat di wordpress untuk memasukkan tulisan-tulisan atau artikel. Di dalam Panel Post, Anda akan menemukan beberapa hal penting seperti “Tag” dan “Category”. Keduanya sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama, yakni untuk mengelompokkan tulisan Anda. Perbedaannya adalah Category berguna untuk mengelompokkan tulisan-tulisan yang ada di dalam blog Anda sendiri. Sedangkan Tag akan digunakan oleh WordPress.com untuk mengelompokkan tulisan-tulisan Anda dengan tulisan-tulisan blogger WordPress lainnya. Jadi, Category berfungsi melakukan pengelompokkan yang sifatnya internal sementara Tag eksternal.

Page
ketika berbicara tentang perbedaan post dan page, jika Post digunakan untuk menulis sesuatu yang sifatnya cerita atau berita sementara Page lebih cocok digunakan untuk menuliskan sesuatu yang sifatnya statis dan berupa data. seperti Curriculum Vitae diri anda.Theme
Theme atau Template adalah Skin atau “baju” blog WordPress Anda. Dengan
ketersediaan Theme yang melimpah, Anda bebas memilih “baju” yang sesuai dengan selera Anda. Untuk mengaktifkan Theme yang Anda sukai, Anda hanya perlu menekan perintah “Activate” di bawah Thumbnail Theme (gambar tema) yang Anda minati.

Widget
Menurut WordPress.com, widget adalah gadgets yang memungkinkan seorang blogger untuk meletakkan informasi-informasi tambahan di bagian salah satu sisi atau sidebar blognya. WordPress.com menyediakan kumpulan widget yang sangat variatif. Mulai dari , daftar komentator, daftar kategori, rss feed, geostatistik, info statistik blog dan sebagainya. Pokoknya lengkap deh. Widget bisa diaktifkan dengan cara menarik (drag) lalu meletakkannya (drop) ke bagian sidebar.terima kasih telah telah mampir, jika ada yang perlu dikoreksi silahkan cantumkan di komentar, karena saya masih baru belajar….

4 Comments

Filed under Wordpress

4 responses to “Langkah untuk menata blog wordpress

  1. gw g dpt info yg mmuaskn.tpi thanks dak ngasi info wlau sdkit

  2. pak,sy kan mau memasukan data dari MS Word gimana caranya? data yg mau sy masukkan berupa katalog (tulisan+gambar). mohon petunjuknya pak,sy bingung caranya, kalo mau diinsert pic-nya satu-persatu jadinya kurang enak dibaca dan kelamaen uploadnya.

    • klo gambar seingat saya memang harus satu persatu. coba aja buat di tabel. atau klo memang ingin buat yang lebih menarik, di buat ebook saja, trus di upload katalognya. dan gambar yang menarik di pajang di blog. begitu.

jangan lupa isi comentar nya..