Mengoptimalisasi Blog

Istilah “Optimalisasi Blog” adalah sesuatu yang masih sangat luas. Tapi disini, saya akan dikerucutkan pada “Bagaimana caranya agar blog kita tampak bagus dan banyak dikunjungi oleh orang-orang?”

Tentukan tema/topik blog
Apakah tema blog Anda? Apakah tentang jurnal pribadi, teknologi, kumpulan
informasi lowongan pekerjaan, sepakbola, lowongan beasiswa, web
design, pemrograman, dakwah agama, kesehatan, atau sekedar kumpulan humor ? Jika sudah menentukan tema dari blog, jangan ragu untuk memberi tagline blog Anda dengan sesuatu yang terkait dengan tema tersebut. Contoh, jika anda lebih memilih untuk mengisi blog anda dengan software dan game atau bertema teknologi, anda mungkin bisa menggunakan tagline “info perkembangan teknologi dan informatika”.

Sering-seringlah mengupdate tulisan/post
Pernahkah Anda berkunjung ke situs atau blog yang informasi terakhirnya
beruliskan tahun 2008 atau bahkan 2009? Bagaimana kesan Anda? Jika Anda tidak suka, maka jangan lakukan. Blog yang baik adalah blog yang sering di-update atau diperbaharui. Sebagai pemilik blog, Anda sendiri lah yang tahu kapan sebaiknya blog anda perlu perbaharuan. Jika blog Anda adalah tentang teknologi atau komputer, mungkin blog Anda sebaiknya diperbaharui setiap hari. Tapi jika blog Anda lebih banyak berisi tutorial atau tips dan trik untuk menyelesaikan suatu masalah, paling tidak pembaharuan blog Anda dengan rentang waktu seminggu atau dua minggu sekali bukanlah sesuatu yang buruk. Blog yang sering diupdate sudah tentu memiliki peluang untuk memiliki banyak pengunjung setia dari pada blog yang jarang diupdate.

Jangan pelit berbagi link
Terkadang link adalah inti dari internet. Dengan adanya link, satu dokumen bisa
langsung terhubung ke dokumen lainnya atau dari satu blog ke blog lainnya. Pada saat anda menuliskan sesuatu di blog Anda, jangan pernah ragu untuk mentautkan tulisan anda ke tulisan-tulisan lain yang ada di blog milik blogger lain karena pada umumnya seorang blogger akan sangat menghargai jika tulisannya dijadikan rujukan oleh sesama blogger. Dengan kebiasaan ini, bukan tidak mungkin blog Anda akan memiliki pengunjung setia alih-alih hanya mengoleksi “pembaca serta merta”. Dengan link, Anda bisa memperoleh teman.

Jangan takut mengomentari tulisan blogger lain
Ketika Anda tidak setuju dengan tulisan orang lain, Anda tak harus takut untuk
memberikan komentar. Selama Anda yakin bahwa Anda memang benar dan tulus, karena terkadang blogger yang anda beri komentar justru akan respect. Di samping itu, kerelaan Anda dalam memberi komentar adalah bentuk bahwa Anda adalah seorang yang peduli dengan masalah yang menjadi pokok bahasan. Lagipula, Anda tidak harus selalu kontra dengan si blogger bukan? Ketika setuju dengan tulisannya, Anda boleh ikut mendukung dan memberikan pujian kepada blogger terkait.

Balaslah komentar yang masuk
Seorang blogger yang baik tentunya tidak mau bersikap acuh tak acuh kepada
pengunjung blognya. Jadi jika ada pengunjung yang telah rela berkomentar
terhadap tulisan Anda, maka alangkah baiknya anda membalas komentar tersebut. Dalam praktik di lapangan, sebenarnya tidak semua komentar yang masuk layak dibalas mengingat beberapa diantaranya hanya berupa lelucon atau pertanyaan yang jawabannya sudah Anda berikan untuk komentar-komentar sebelumnya di tulisan yang sama. Namun bila Anda tetap ingin membalas semua komentar yang masuk, saya rasa Anda akan semakin dihargai.

2 Comments

Filed under Wordpress

2 responses to “Mengoptimalisasi Blog

  1. Wah,,, trims banget buat tipsnya. Saya baru belajar ngeblog neh, jadi info-nya bermanfaat banget, simple dan praktis.

  2. makasih infonya, sangat bermanfaat

jangan lupa isi comentar nya..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s