abadikan dengan tulisan

Ide atau pikiran sering kali hilang, Pikiran serta ide yang memenuhi kepala kita itu seperti kuda liar yang siap berlari kesana kemari. Karena itu, ikatlah kuda liar tersebut yang bernama ide dan gagasan tadi dengan sebuah tali kuat bernama tulisan. Ada sebuah penelitian yang menyebutkan, setiap hari kepala manusia atau otak manusia tepatnya, dihinggapi seribu ide dan gagasan. Ide yang dimanfaatkan, tak lebih sekedar satu persen! Lantas yang lainnya kemana? Tentu saja lari. Andapun akhirnya gigit jari.

Anda lebih senang kepada pohon yang senantiasa berbuah-dan buahnya dapat selalu kita nikmati-atau pohon yang tak pernah berbuah sama sekali? Saya yakin seratus persen jika anda menjawab yang pertama. Begitu juga dengan aktivitas menulis bagi seorang mahasiswa. Ibarat pohon, mahasiswa yang sangat hobi menulis senantiasa ”berbuah” setiap hari. Buah tadi dapat dinikmati oleh mereka dan orang lain. Ide dan gagasan anda dapat digunakan oleh orang lain untuk menambah wawasan mereka. Atau juga kadang, memecahkan persoalan yang tengah mereka hadapi. Apalagi jika ternyata tulisan tersebut tersebar di media elektronik atau massa. Pasti banyak sekali keuntungan dan manfaat dalam menulis lewat media massa atau blog atau yang lain.

seperti halnya sang legenda pujangga yaitu Chairil Anwar. anak semata wayang, Evawani Alissa pernah bercerita bahwa ayahnya sempat berkata apabila umurnya bakal panjang, Chairil Anwar akan menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. namun apabila ternyata usianya pendek sebagaimana dikatakan Chairil sendiri, “anak-anak sekolah akan berziarah ke kuburanku menabur bunga.”

Chairil tidak salah. usianya memang pendek. Dihitung dari lahirnya pada, 26 juli 1922, umurnya tak genap 27 tahun. soal anak sekolah, esensinya juga benar. namanya menjadi hafalan wajib dan sajak-sajaknya menjadi bacaan wajib, terutama untuk pelajaran Bahasa Indonesia.

dengan menulis anda seolah mengabadikan sumbangsih pemikiran kita. dengan demikian, andapun akan hidup ‘abadi‘ . seperti kata Chairil Anwar. “aku ingin hidup seribu tahun lagi”. semoga bermanfaat.

Leave a comment

Filed under ARTIKEL

jangan lupa isi comentar nya..